Dendyrizal

Nyalon di Indonesia Apa di Thailand?

Tinggalkan komentar

Salon? Duh  rasanya jarang sekali Salon deh, bisa jadi nggak pernah. Usaha yang banyak sekali ada di kota ini memang menjadi sebuah kebutuhan bagi kalangan masyarakat menengah ke atas dan menjadi sesuatu yang mewah bagi masyarakat menengah ke bawah. Nah, sekarang saya akan mencoba menghubungkan fenomena “salon” ini dengan apa yang akan kita hadapi nanti pada tahaun 2015 ketika KEA2015 terwujud. Ada persaingan dan mungkin juga akan menjadi keuntungan tersendiri dengan bekerjasama.

Persaingan?

Persaingan adalah hal yang sangat wajar mengingat dalam bisnis ini selain Indonesia yang terkenal dengan ketradisonalannya, masih ada Thailand yang memang sudah lama tenar dalam bisnis salon. Satu hal yang saya tahu bahwa persaingan yang sehat akan membuat kualitas semakin bagus karena para pebisnis di sunia salon ini akan selalu menaikkan standar kualitas karena memang hanya dengan hal tersebut suatu salon dapat terus bersaing dengan salon yang lainnya. Akan sangat menarik jika nanti aka nada persaingan antara Salon Indonesia dan Salon Thailand di kota-kota besar di Indonesia.

Tetapi masyrakat Indonesia pada umumnya akan berpikiran bahwa sesuatu yang berbau “luar negeri” akan terlihat dan terasa lebih bagus dari produk dalam negeri, tetapi itu hanyalah mindset, dimana hal itu sangat mengkin sekali bisa dirubah.

Apakah mindset diatas merugikan salon-salon Indonesia? Saya berpikir bahwa hal sepertu itu tidak akan membuat salon-salon Indonesia gulung tikar karena memang tidak semua kalangan penggemar Nyalon  memiliki mindset seperti itu, ada yang lebih memilih sesuatu yang lebih berbau Indonesia tetapi juga ada yang sebaliknya.

Kerjasama?

 Nah kerjasama ini yang paling menakjubkan di saat nanti KEA2015 terwujujd, karena seluruh masyarakat ASEAN yang mempunyai usaha di bidang salon akan mendukung satu dengan yang lainnya, dengan artian akan melengkapi salon-salonnya dengan produk asli Negara-negara ASEAN.

Dan juga saya yakin bahwa jika nanti salon-salon ini bisa bekerjasama akan lahir banyak ramuan-ramuan baru yang lebih berbau ASEAN dan akan lahir juga metode-metode baru. Menjadi sangat memungkinkan jika nanti ada sekolah kecantikan dimana seluruh siswanya berasal dari Negara-negara ASEAN yang mempelajari unsure-unsur kecantikan leluhur ASEAN.

Jadi, jangan takut jika nantinya aka nada persaingan disini, karena saya yakin semuanya memiliki nilai positif dan negatif, dan untuk mengembangkan nilai positif dan meminimalisir nilai negative, kita semua harus bekerjasama, merangkul satu dengan yang lainnya, menyamakan tujuan dan tekad dan terus mengembangkan kecantikan-kecantikan leluhur yang ada.

Iklan

Penulis: masdendy

I'm Indonesian and I proud of it!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s