Dendyrizal

Negara ASEAN Serumpun? Bisa Jadi!

2 Komentar

ASEAN, Kawasan Regional yang penuh dengan berbagai keunikan dan keragaman masyarakatnya, bisa dibilang regional ini adalah yang paling beragam ras, agama, dan sukunya. Coba bandingkan dengan regional lain yang ada di dunia ini! percaya kan kalo regional kita ini yang paling beragam?

Borobudur, Source Wikipedia

 

Nah, tetapi jika kita berbeda bukan berarti kita tidak memiliki kesamaan kan? sama halnya dengan kondisi di regional ini, misalnya kebudayaan Melayu Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam memiliki kesamaan kan? Nah maka dari itu jangan terkejut kalau saya mengatakan bahwa bisa jadi negara-negara di ASEAN ini adalah serumpun.

Tahu Borobudur kan? Nah, aset besar Negara Indonesia di banyak sektor ini adalah salah satu keajaiban dunia yang ada di ASEAN dimana candi ini didirikan pada abad ke-9 di era Dinasti Syailendra. Tahu Angkor Wat juga kan? Nah, Kuil atau candi yang ada di Kamboja ini dahulunya adalah kuil hindu tetapi berubah menjadi candi budha ketika kepercayaan Hindu mulai menghilang di Angkor dan berubah menjadi Budha, Angkor Wat sendiri dibangun pada abad ke-12 oleh Raja Suryavarman II.

Angkor Wat, Source Wikipedia

Percayakah jika kedua aset yang berbeda 3 abad pembangunannya ini memiliki kesamaan? Jika diamati, Iya, memang ada kesamaan diantara dua aset kebudayaan besar ini, mulai dari relief dan berbagai kekhasan candi yang lain.

Lalu kenapa bisa begitu? Nah seperti yang saya katakan diatas mengenai kebudayaan melayu, sama halnya dengan ini. Menurut saya pribadi mungkin kesamaan itu dikarenakan memang telah terjadi hubungan antara pembangunan kedua candi tersebut, tetapi melihat abad pembuatan candi, sepertinya Angkor Wat cenderung terpengaruh oleh Borobudur. Sepertinya juga Borobudur pada saat itu menjadi trendsetter di dalam budaya pembangunan candi dan kuil yang ada di Regional ASEAN.

Iklan

Penulis: masdendy

I'm Indonesian and I proud of it!

2 thoughts on “Negara ASEAN Serumpun? Bisa Jadi!

  1. dan kerennya semua itu masih berdiri dengan anggun setelah ratusan tahun berdiri :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s