Dendyrizal

Renovasi? Iya Itu Perlu!

1 Komentar

Renovasi, jadi teringat dengan lagu dari Dialog Dini Hari yang berjudul Renovasi Otak, baru mendengar beberapa hari ini itupun melalui youtube karena memang saya tidak mempunyai CD asli mereka. Easy Listening, tapi entah lagu ini bergenre apa dan liriknya sedikit aneh, jujur aneh buat pendengar musik yang belum pernah mendengar lirik seperti ini.

Back to the point, Renovasi diri? Pentingkah? Perlukah? Saya pikir ini perlu dan penting, mengingat jiwa dan raga ini harus terus berkembang selaras dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan yang saya dapatkan setiap saatnya. Renovasi diri tidak bisa benar-benar diukur secara mendetail sejauh mana diri ini telah berubah. Hanya untuk jiwa-jiwa yang sadar, yaps Renovasi diri hanyalah untuk mereka-mereka yang memiliki jiwa-jiwa yang sadar.

Tetapi bukan hanya diri ini yang perlu renovasi, bangsa ini juga, rakyat juga perlu direnovasi. Baru saja kemarin mendengar ada penyiraman air dan perusakan kantor, nah ini salah satu hal yang harus direnovasi, apa iya itu orang Indonesia? Apa iya itu orang yang beragama? Agama tidak pernah mengajarkan hal yang buruk, tetapi ada oknum yang menyelewengkannya, dan orang-orang itu adalah oknumnya. Perlu diberantas dengan cara disadarkan dan direnovasi.

Tetapi terlepas dari niatan untuk menyadarkan atau merenovasi, jujur saya malu sebagai orang beragama dan berbangsa serta bertanah air dengan perilaku para oknum itu, ingin rasanya memukul, menendang, mencibir, memarahi, menghajar mereka tapi ah sudahlah! It’s no use.

Selain oknum-oknum itu ternyata pendidikan juga butuh direnovasi, yang ini lebih urgent dan jauh lebih penting dari pada renovasi sekolah, renovasi sistem adalah yang terpenting. Kasus terbaru, ada seorang Bapak rela untuk menjual ginjalnya untuk menebus ijazah putrinya dimana total biaya yang diperlukan sekitar 70 juta. Besar kan? Iya besar sekali. Yang begitu menyedihkan ini adalah Pondok Pesantren yang meminta bayaran sebesar itu, mana hatinya? Mana agamanya? Mana ajaran Nabi Muhammad? Ada? Tidak ada! Ini membuat saya malu, sungguh! Seharusnya bisa lebih bijaksana apa lagi yang mereka janjikan pada saat pertemuan pertama adalah “GRATIS” alias “FREE” tetapi apa? Setelah lulus harus membayar nominal yang jumlahnya jauh lebih tinggi dari pada biaya yang dihabiskan di sekolah biasa.

Tetapi masih ada kebanggan di dalam diri saya ini, setelah semalam menonton Kick Andy dan mengetahui ada Anak Hutan yang mampu lulus UNAS yang amburadul itu dengan nilai fantastis untuk ukuran siswa yang menerima pendidikan standar dan berasal dari daerah pedalaman, I really Proud Of You! You really have to Know It!

Iklan

Penulis: masdendy

I'm Indonesian and I proud of it!

One thought on “Renovasi? Iya Itu Perlu!

  1. pendidikan di negri ini memang seharusnya di renovasi. tapi sebelum merenovasi hal besar, yuk renovasi diri sendiri dulu. dimulai dari hal kecil 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s