Dendyrizal

Inovasi di Sekolah ini, Kemana Ya?

5 Komentar

Sudah hampir 1 bulan ini terjebak dalam lingkaran ke-mainstreaman, Entah apa hanya diri ini sendiri yang menyadari akan hal ini atau mereka hanya acuh. Pernah beberapa kali mentweet  ataupun update status di facebook tentang hal ini, tapi ya itu hanya ocehan belaka tanpa bisa aku beraksi. Mungkin ketidak mampuan untuk beraksi dikarenakan diri ini terlalu sibuk dengan hal lain di luar hal ini.

Jujur kali ini saya akan membahas tentang sekolah, ya sekolah! tempat dimana aku menghabiskan hampir 50% waktuku dalam seminggu. Hampir beberapa bulan ini sangat malas untuk menuntut ilmu, mungkin karena saya sudah mencapai titik jenuh akan sekolah ini. Dan waktu ke Solo kemarin pas acara #ABFI  , ya saya bolos untuk 2 hari, banyak yang menyayangkan tapi ya memang begitu keadaannya, keadaan sekolah yang seperti itu tidak mampu membawa saya ke Solo untuk menghadiri #ABFI.

Sudah beberapa tahun, kurang lebih 2 tahun mulai bergabung dengan Plat-M, komunitas blogger Madura dan sudah setahun ini perlahan-lahan mulai aktif di komunitas tersebut. Karena saya mulai aktif di komunitas itu, sekarang banyak orang yang mengira saya menyepelekan sekolah, tapi itu tidak benar, saya tetap sekolah kok, meskipun rasa malas itu terus menghantui.

Ada satu hal yang membuat saya lebih bersemangat berkomunitas dari pada sekolah, di komunitas saya mendapatkan ilmu yang tidak saya dapat di Sekolah, dan juga di komunitas saya merasakan adanya perkembangan di dalam diri saya, mulai dari cara saya berbicara hingga cara saya bergaul. Dan juga di komunitas ini saya merasa pikiran saya dihargai dan pemikiran saya mendapat dukungan.

Jika dibandingkan di sekolah inovasi-inovasi yang saya ciptakan hanya didengar dan didengar tanpa adanya dukungan dan gerakan nyata. Entah ini semua hanya perasaan saya atau memang itu realitanya. Pernah beberapa kali mencoba untuk berbicara, tapi yang saya dapat hanyalah cemoohan dari orang-orang disekitar saya yang seharusnya mampu memberikan dukungan.

Dan kenyataannya sekarang sekolah itu hanya bertujuan untuk mencari ijazah tanpa dibarengi dengan ilmu kehidupan yang seharusnya bisa kita dapat di sekolah. Pengajar yang benar-benar bisa mendidik pun bisa dihitung dengan jari, yang lain hanya datang, mengajar, memerintah, memberi tugas, memberi nilai dan pulang, sepertinya itu biasa di saat kuliah, tetapi jika ini terjadi di saat masih sekolah itu akan mempengaruhi para murid karena mereka hanya diberi ilmu tanpa dididik untuk bekal hidup.

Kurang motivasi, Iya! kurang! karena cara sekolah ini mendidik dan mengajar terlalu mainstream dan terkesan statis di tempat.

Maaf kejadian diatas adalah yang saya rasakan dan apa yang saya lakukan, saya tidak bermaksud buruk saya hanya ingin menyadarkan bahwa Inovasi itu perlu, apa lagi di dunia pendidikan! harus ada gebrakan akan hal itu! tulisan diatas juga tidak bermaksud untuk tidak menghormati.

Penulis: masdendy

I'm Indonesian and I proud of it!

5 thoughts on “Inovasi di Sekolah ini, Kemana Ya?

  1. bisa dikatakan sama dgn organisasi, komunitas memang mnjadi slah satu tmpat pngembangan bkat yg sering tak ditemukan dikelas2 formal di skolah.
    asal kita bisa mengimbangi, ke2nya bkal mnjadi sbuah kkuatan yg luar biasa di msa mndatang.

    visit my blog at sufyanaz

  2. Bro, Percayalah…SEKOLAH..SEKOLAH bagaimanapun bentuknya dan jeleknya..SEKOLAH SEKOLAH dulu bro! Percayalah…SEKOLAH yang Rajin…Bro SEKOLAH..SEKOLAH Bagaimanapun..SEKOLAH dulu bro…masih banyak bro yg tidak bisa sekolah bro. Percayalah SEKOLAH..SEKOLAH dulu bro. Percayalah….

Tinggalkan Balasan

