Dendyrizal

Nasionalisme itu MERDEKA!!!

Tinggalkan komentar

Hari ini 17-08-2012 adalah hari dimana 67 tahun yang lalu bangsa Indonesia melepaskan diri dari segala kekuasaan asing yang ada di dalam negeri setelah kurang lebih 3,5 abad dijajah oleh berbagai bangsa asing. Mulai dari Belanda, Portugis, Inggris, sampai Jepang pernah menjajah negeri ini dengan rekor terlama dipegang oleh Belanda. 

Akibat dari penjajahan tersebut bangsa ini mengalami keterpurukan, tetapi dari keterpurukan itu timbulah sebuah rasa yang menyelimuti sebagian besar bangsa Indonesia, yaitu rasa yang disebut NASIONALISME. Rasa yang menurut saya sangat langka pada saat ini adalah sebuah jawaban jika kita semua ingin memajukan bangsa ini.

Yang namanya korupsi semakin merajalela, krisis seorang pemimpin yang dapat mengayomi dan melindungi rakyatnya, pemuda-pemuda yang telah kehilangan rasa nasionalismenya serta masalah SARA adalah hal yang mungkin hampir setiap hari kita temui di berbagai media maupun kita temui secara langsung. Bagaimana tidak miris jika mengingat umur negara ini yang sudah mencapai kepala enam lebih masih menanggung hal-hal diatas.

Dalam memperingati HUT RI Ke-67 ini saya sedikit miris ketika melihat dana yang dihabiskan untuk upacara 17an di Istana mencapai angka miliaran sedangkan diluar sana banyak veteran-veteran yang pada jaman dahulu dengan gagah berani memperjuangkan kemerdekaan justru sekarang disaat negara kita ini dikatakan ‘Merdeka’ mereka masih memperjuangkan kemerdekaan hidup yang dulu ia juangkan disaat masa perang.

Bicara soal kebebasan dan kemerdekaan yang sepenuhnya sebetulnya itu hanyalah omong kosong. Kita semua bisa merubah kebebasan dan kemerdekaan itu menjadi sesuatu yang nyata jika kita semua sadar bahwa tanggung jawab kita sebagai penerus bangsa yang diberikan tongkat estafet perjuangan mempertahankan kemerdekaan ini sangat besar dan juga dengan menanamkan suatu rasa Nasionalisme yang kuat.

Tetapi melihat apa yang terjadi di dunia nyata saat ini saya sepertinya akan sedikit pesimis dengan sebuah perubahan karena memang para petinggi memang tidak ingin berubah. Banyak sekali program-program  mereka yang di teriakkan untuk perubahan tetapi malah justru untuk menutupi keburukan-keburukan mereka.

Tetapi setelah saya melihat perjuangan para veteran yang masih berjuang sampai saat merdeka pun rasa Optimis saya tumbuh dan saya akan teriakan kepada dunia bahwa “Kemerdekaan dan kebebasan itu nyata dan kita semua harus mewujudkannya bersama”

 

DIRGAHAYU RI Ke-67

Iklan

Penulis: masdendy

I'm Indonesian and I proud of it!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s